Sabtu, 18 Agustus 2007

Alat Satu Ini Mutlak Kita Miliki !

Alat Kerja Kita. Memelihara tanaman hias lebih rumit dibanding memelihara bayi. Pernyataan itu kadang nampak berlebihan, tetapi juga ada benarnya. Kalau bayi sedang tak enak badan, merasa kegerahan, mereka akan protes. Misalnya, dengan menangis. Tetapi bagaimana kita bisa tahu keadaan “kesehatan” dan “kesejahteraan” tanaman hias kita ?

Kita yang harus proaktif. Melalui pengamatan dan didukung alat bantu, kita dapat keadaan sebenarnya si “buah hati” kita itu. Alat bantu vital untuk pencinta tanaman hias adalah Soil PH Tester. Alat ini digunakan untuk mengukur kadar keasaman tanah atau media tanam kita.

Sekadar contoh, untuk tanaman Anthurium seringkali ditanam dengan media pakis. Kita tahu, sebagaimana kodrat alam, pakis-pakis itu akan mengalami lapuk dan pembusukan. Akibatnya tingkat keasaman akan naik hingga memunculkan bakteri, yaitu virus kuning atau strip yang mengancam tanaman kesayangan kita. Untuk tanaman Aglaonema, bila tingkat keasaman naik akan menyebabkan mutasi genetik yang berakibat warna daun menjadi suram.

Seperti kita tahu, tingkat keasaman yang aman untuk pelbagai tanaman adalah sebagai berikut : A, 6,5 ; Anthurium, 6-5, dll.

siw

Tidak ada komentar: